Pelatihan Pembukuan Keuangan Rumah Tangga

SekolahCraft – Pagi itu tepat pukul 8.30 sekumpulan ibu-ibu tampak saling bercengkerama satu dengan lainnya. Keriangan mereka seketika berhenti ketika seorang ibu lainnya masuk ruangan dan menyapa “apa kabar ibu-ibu..?”, Tanpa dikomando mereka serempak menjawab “baik”. Mereka adalah peserta SWA (Sekolah Wirausaha Aisyiah) kota Yogyakarta yang tengah mengikuti rangkaian pelatihan.

“Pagi ini materi kita tentang pembukuan digital” ungkap ibu Rita Jatmikowati yang tadi menyapa mereka. Pada sesi ini panjenengan akan dikenal dan diajarkan sebuah aplikasi pentatan keuangan pribadi berbasis Android. Telah hadir di hadapan kita bapak Wira Sutirta yang akan menjadi instruktur kegiatan kita pagi ini, beliau adalah salah satu konsultan PLUT DIY sekaligus founder SekolahCraf.com. Untuk itu kami berikan waktu yang seluas-luasnya kepada beliau.

“Apa kabar ibu-ibu, semoga semua dalam keadaan sehat, dimudahkan dalam segala urusan dan diberkahi kegiatan belajar kita pagi ini”…sapa instruktur kepada peserta. “Siapa disini yang sudah tertib mencatat keuangan rumah tangga ?” Tanya instruktur lagi. Tampak satu persatu mulai mengangkat tangan. Ada yang tegas ada pula yang malu-malu. Dari sekitar 30 orang peserta hanya ada 5 orang yang dengan rutin mencatat pemasukan dan pengeluaran rumah tangga.

“Ibu kenapa belum mencatatkan keuangannya bu ?” Tanya instruktur sambil menghampiri seorang ibu bernama Fitri. “Sering nggak sempat dan gak kepikiran mas” jawabnya ringan. Dari sekian orang yang ditanyai instruktur ternyata jawabannya hampir sama, umumnya tidak terbiasa melakukan pencatatan.

Baik pagi ini saya akan mengenalkan sebuah aplikasi pencatatan keuangan pribadi yang saya sendiri sangat rekomendasikan, karena penggunaanya yang sangat mudah (user friendly) dengan tampilan yang sederhana namun powerfull. Aplikasinya adalah Monefy yang dapat didownload secara gratis di Playstore. Untuk fasilitas yang lebih memadai Anda dapat membeli versi Pro dengan harga Rp. 33.000. Namun bagi Anda yang ingin versi Pro tapi gratis bisa didonlot disini.

Untuk mulai menggunakan aplikasi Monefy pertama-tama Anda melakukan setting mata uang menjadi IDR (Indonesian Rupiah). Terdapat icon-icon standar yang merupakan jenis pengeluaran. Anda dapat merubah dan melakukan penyesuaian sesuai kebutuhan Anda. Saran saya icon-icon yang ada di tampilan muka aplikasi adalah jenis pengeluaran yang masuk kategori sering dilakukan, misalnya membuat jenis pengeluaran “jajan camilan” karena dalam satu hari Anda bisa belanja camilan lebih dari 1 kali. Atau sebagai penghobby burung Anda harus membeli pakan burung tiap 2 hari, maka Anda membuat jenis pengeluaran “Burung”. Sekali lagi untuk icon-icon di tampilan muka sebaiknya utk pengeluaran rutin harian. Untuk mengubahnya Anda cukup klik tanda titik 3 (…) yang ada di pojok kanan atas lalu “manage categories”. Sampai disini Anda bisa lakukan praktek secara mandiri. Jika ada hal yang membingungkan Anda bisa lihat tutorial teknisnya yang akan kami buat selanjutnya.