Beda Seni dan Kerajinan Dalam Kacamata Awam

Istilah seni dan kerajinan sering kali bikin bingung orang awam, termasuk penulis sendiri. Padahal dua istilah ini bukanlah istilah baru. Bahkan sudah dikenalkan sejak di bangku sekolah.

Bisa jadi bukan yang awam saja yang bingung, pelaku seni kerajinan itu sendiri pun juga banyak yang bingung. Walaupun pasti tidak semua.

Orang yang seperti apa sih yang disebut seniman, siapa pula yang disebut perajin..?

Mungkin ada yang nyeletuk “om gitu aja bingung. Seniman itu orang yang bikin barang seni, perajin ya yang bikin kerajinan”

Iya,, tapi maksud saya apa yang penampilannya gondrong dan gak seperti kebanyakan orang itu disebut seniman, lalu diluar itu disebut perajin..?!

Produk seni seringkali identik dengan harga mahal, sebaliknya produk kerajinan seolah tidak berhak dijual mahal.

Tidak sedikit sebuah produk kerajinan yang bentuknya “halah cuma kaya gitu aja, saya aja bisa bikinnya” tapi ternyata mahalnya nggak umum.

Dari kebingungan itu saya coba memberi defenisi sendiri ala saya. Mungkin ada yang tidak sepakat atau berbeda pandangan boleh-boleh saja. Mari sama-sama kita bantu cerahkan orang-orang yang membutuhkan diluar sana.

Seni adalah sebuah karya imajanatif seorang seniman yang dibuat berdasarkan kemerdekaan imajinasinya tanpa perlu mempertimbangkan permintaan pasar. Produk akan menemukan sendiri peminatnya.

“Kalo saya mau bikin ya bikin aja”, “suatu saat dibeli orang syukur, kalaupun tidak ya jadi koleksi”.. mungkin begitulah gambaran pikirannya seniman.

Pernah kan lihat lukisan yang kesannya cuma oret-oretan aja atau sebuah benda sejenis patung tapi ya ternyata harganya juga mahal.

Penjualan produk seni umumnya dilakukan dengan cara dipamerkan pada sebuah “pameran seni” entah itu pameran tunggal maupun bersama-sama seniman lain. Harga jual tergantung seberapa terkenalnya sang seniman dan seberapa kayanya si pembeli. Semakin terkenal sang seniman dibalik produk, maka semakin mahal pula harganya.

Penulis pernah mendengar ada sebuah karya lukisan yang dibeli oleh salah seorang bos rokok seharga milyaran. Edan kan ..?!

Kerajinan adalah sebuah produk yang dihasilkan oleh perajin yang mempertimbangkan permintaan dan kebutuhan pasar. Cirinya produk dibuat secara massif. Jika tidak mengikuti selera pasar produk tidak akan laku dan ini sangat tidak dinginkan perajin.

Perajin sebelum membuat produk akan mempertimbangkan betul yang diinginkan pasar.

Produk kerajinan umumnya dijual di gerai, toko kerajinan. Harga jual diukur berdasarkan harga bahan baku dan biaya tukang, selisih jual dari itu itulah keuntungannya.

Lihat juga : Pelatihan Kerajinan Eceng Gondok