Pengrajin Wajib Punya Mental Wirausaha

Tidak ada tempat belajar yang paling paripurna selain pembelajaran pada saat menjalankan bisnis. Begitu kata Joe Vitale seorang yang dikenal sebagai bapak pemasaran hipnosis. Dengan menjalankan bisnis kita belajar menghadapi rasa takut dan mencari solusi bagaimana menghadapinya, belajar membuat keputusan lalu siap dengan segala resiko yang menyertainya, belajar menghadapi berbagai karakter orang. Tidak ada satu universitas pun di dunia ini yang memiliki kurikulum selengkap ini. Tidak ada satu pelatihan pun yang sesempurna ini.

Lihat juga : Instruktur Pelatihan Kerajinan Bambu

Dengan menjalankan bisnis kita tidak perlu lagi mengikut berbagai pelatihan, seminar, workshop dan sebagainya. Cukup meresapi secara mendalam bisnis maka disanalah kita sedang mengikuti seminar maha dahsyat yang belum pernah diselenggarakan di mana pun di planet ini.

Mental entrepreneur harusnya dimiliki oleh setiap pelaku usaha kerajinan. Karena ialah ruh yang akan mempengaruhi keberlangsungan bisnisnya. Punya produk yang bagus saja tidak cukup, tanpa pengetahuan di mana tempat yang tepat untuk memasarkan produk maka penjualan tidak akan signifikan.

Sepanjang pengalaman kami menjadi narasumber maupun instruktur dan memberikan pendampingan kepada banyak pengrajin, hanya segelintir saja yang memiliki mental wirausaha. Kebanyakan lebih memposisikan dirinya ibarat tukang. Hanya membuat produk selanjutnya menyerahkan sepenuhnya pada pasar.

Lihat juga : Pelatihan Kerajinan Daur Ulang

Mindset yang seperti ini akan sulit menjadikan usahanya berkembang. Seorang entreprenur harus memiliki tujuan yang jelas untuk apa ia menjalankan usaha tersebut.

Jika jawabannya adalah : “saya ingin kaya dari usaha ini”

maka itu bukanlah tujuan. Itu adalah impian atau harapan dari semua orang yang ada di muka bumi ini. Tujuan itu harus jelas.

Misalnya “saya akan menjadi suplier kerajinan lampion terbesar di kota ini”.

Ketidakjelasan tujuan membuat perjalanan jadi tersendat-sendat di jalan yang mulus sekalipun. Sebaliknya orang yang telah memiliki tujuan yang jelas akan terus maju di jalan yang rusak sekalipun.

Ketika tujuan sudah jelas, maka jalan menuju kesuksesan akan terbuka dengan sendirinya.