Pelatihan Pengembangan Ekonomi Masyarakat Berbasis Potensi Desa

Wirausaha adalah kunci kemajuan sebuah daerah. Hampir semua daerah maju di Indonesia sangat dipengaruhi kekuatan wirausaha masyarakatnya. Bali mengawinkan budaya dan alam sebagai tulang punggung pendapatan daerah. Yogyakarta mengawinkan pendidikan dan seni budaya, Bandung dengan industri kreatifnya. Dengan sentuhan wirausaha semua daerah tersebut berkembang pesat. Tanpa memiliki sumber daya alam yang memadai semua daerah ini berkembang optimal. Pembangunan merata, kesejahteraan meningkat.

Tidak semua daerah di Indonesia seberuntung provinsi di atas. Pemerataan ekonomi tidak terjadi. Gegap gempita pembangunan hanya terjadi di ibu kota provinsi. Jalan-jalan akses menuju Desa tak disentuh pembangunan sama sekali. Masyarakat kesulitan mendapatkan akses wisata yang murah, yang mudah dijangkau setiap minggu sekedar untuk melepas penat setelah bekerja di kebun atau sawah. Masyarakat desa pun akhirnya apatis melihat kenyataan.

Lihat juga : Pelatihan Kerajinan Batok Kelapa

Sejauh apapun jalan salah yang sudah dilalui, berbaliklah. Selalu ada cara untuk membantu masyarakat desa membangun desanya. kita semua punya tanggungjawab moral membangun desa, membangun tanah kelahiran kita. Saatnya masyarakat tidak lagi diam menunggu berharap pemerintah datang membantu mereka. Masyarakat harus punya inisiatif membangun desanya sendiri.

Bagi Anda yang sudah sukses di tanah rantau, ketahuilah sesuangguhnya Anda memiliki tanggungjawab moral untuk membangun tanah kelahiran Anda. Mungkin Anda sudah membangunkan sebuah sarana ibadah, menyumbang fasilitas olah raga, atau membangun fasilitas umum lainnya.

Lihat juga : Pelatihan Pembuatan Kain Shibori, Ekoprint

Anda bisa mencoba cara baru. mencoba alternatif lain. yaitu dengan mengirim pemuda terbaik, utusan yang potensial untuk belajar dan mengetahui cara-cara membangun desa. Cara-cara ini tidak akan pernah ditemui di perguruan tinggi mana pun. Karena kurikulum pendidikan kita tidak akan menyentuh hingga wilayah-wilayah teknis. Disini akan belajar langsung dari orang-orang yang secara nyata sukses membangun desanya.

2 materi pokok yang akan dikupas dalam pelatihan ini yaitu :

1. Bedah potensi desa
2. Meningkatkan pendapatan masyarakat desa melalui penciptaan kawasan wisata berbasis potensi desa

Bonus Materi

Untuk medukung kemampuan teknis, peserta akan dibekali pula dengan berbagai tools yang dapat membantu peserta mengimplementasikan kemampuannya di lapangan berupa teknik fasilitasi, Business Model Generation, optimasi sosmed. Selain itu peserta juga akan mendapatkan free pendampingan selama 3 bulan pasca pelatihan. untuk menjamin peserta dapat mengimplementasikan ilmunya di lapangan. Peserta dapat mendiskusikan berbagai persolan bersama para mentor melalui pesan digital.

Investasi : Rp. 6.000.000,- per orang

Fasilitas :
– Akomodasi hotel 3 hari 2 malam
– Kunjungan industri
– Modul pelatihan dilengkapi tools pendukung
– Sertifikat

Narasumber yang kami hadirkan dalam pelatihan ini adalah konsultan senior di bidangnya. berpengalaman bertahun-tahun dalam membina dan mendampingi UKM di Yogyakarta. Menjadi tim ahli dan konsultan di beberapa instansi pemerintah dan lembaga swasta. Memiliki keahlian spesifik pada bidang penguatan ekonomi masyarakat berbasis potensi desa.